PENGERTIAN FUNGSI DAN MACAM MACAM MANAJEMEN

Pengertian Fungsi dan Jenis Manajemen – Pengertian manajemen secara dasar adalah suatu seni didalam sebuah proses dan ilmu pengorganisasian. Pengertian manajemen didasari sebagai suatu seni karena seni itu sendiri memiliki beberapa fungsi, fungsi manajemen diantaranya untuk mewujudkan tujuan yang nyata dengan cara memberikan manfaat.

>>>DOWNLOAD SOFTWARE APLIKASI GRATIS<<<

BACA JUGA TIPS JITU MENGELOLA UANG SAKU ALA ANAK KOST.

Manajemen memiliki beberapa arti diantaranya adalah : memimpin, mengusahakan, mengendalikan, mengurus, serta mengelola. dan pengertian manajemen juga bisa diartikan secara ilmu. dan pengertian manajemen secara ilmu adalah ilmu yang mengenalkan serta mengajarkan tentang proses untuk mendapatkan tujuan yang diinginkan organisasi baik itu tujuan usaha bersama dengan orang secara pribadi ataupun sumber milik organisasi.

pengertian fungsi dan jenis manajemen

PENGERTIAN FUNGSI DAN JENIS MANAJEMEN.

 

FUNGSI – FUNGSI MANAJEMEN.

1. MEMIMPIN (LEADING) : Fungsi utama dari manajmen adalah memimpin sebuah organisasi atau usaha untuk meraih tujuan. tujuan tersebut adalah hal yang harus di capai demi kepentingan organisasi atau usaha yang sudah dirapatkan atau direncanakan oleh pemimpin dan semua anggota organisasi. beberapa peran sebagai pemimpin adalah : pengambil keputusan , mengatur , memilih orang  , dan memotivasi.

2. PERENCANAAN (PLANNING): Fungsi manajemen yang berikutnya adalah merencanakan atau perencanaaan (planning) Fungsi perencanaan adalah suatu kegiatan yang dilakukan dimana kegiatan tersebut menjadi tujuan dari perusahaan dengan suatu rencana ataupun sebagai acuan agar bisa meraih tujuan yang telah ditentukan perusahaaan sebelumnya. dan tugas atau fungsi dari perencanaan atau planning antara lain adalah : Membuat etimasi , membuat sasaran target atau tujuan , merencanakan urutan kegiatan , menyusun rencana anggaran , mengatur kebutuhan , dan menganalisa dan menetapkan kebijakan pekerjaan.

3. PENGORGANISASIAN (ORGANIZING) : Pengorganisasian atau Organizing adalah menelaah dan memetakan berbagai kegiatan yang sifatnya lebih besar , dan menjadi beberapa kegiatan yang lebih kecil dengan cara membagi tugas sehingga diperoleh kegiatan yang lebih sederhana dan tujuan perusahaaan dapat tercapai dengan lebih cermat. Kegiatan pengorganisasian ini sendiri diantaranya menghubungkan serta mengatur pekerjaan sehingga mampu dilaksanakan secara lebih efisien dan lebih efektif.

4. PENGARAHAN (DIRECTING) : Pengarahan atau directing adalah tindakan yang berupaya agar semua anggota kelompok dapat berusaha untuk meraih tujuan yang sesuai dengan rencana manajerial serta usahanya. dan beberapa fungsi dari pengarahan tau directing antara lain : menginflementasikan proses pembimbingan, kepemimpinan, serta pemberian motivasi untuk tenaga kerja , memberikan penjelasan serta tugas yang teratur mengenai pekerjaan , menjelaskan kebijakan-kebijakan yang sebelumnya sudah ditetapkan.

5. PENGAWASAN (CONTROLLING) : Proses mengawasi atau yang disebut pengawasan dan pengendalian yang dilakukan untuk memastikan bahwa seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan, dilaksanakan secara terorganisasi dapat berjalan dengan lancar. dan beberapa fungsi dari pengawasan antara lain : menilai serta melakukan evaluasi sebuah keberhasilan dalam meraih tujuan perusahaan serta target bisnis yang disesuaikan dengan tolok ukur yang telah ditentukan , melakukan langkah cepat dalam mengoreksi serta mengklarifikasi dari ketidaksesuain hasil kerja yang mungkin dapat terjadi , pengambilan keputusan untuk membuat alternative solusi disaat terjadinya masalah yang berkaitan dengan tidak tercapainya tujuan perusahaaan yang telah ditentukan.

JENIS JENIS MANAJEMEN 

1. MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA : Manajemen sumber daya manusia berfungsi sebagai mencari atau mendapatkan sumber daya manusia (SDM) yang terbaik untuk menjalankan perusahaan ataupun bisnis yang sedang berjalan. serta bagaimana mengatur serta memelihara SDM terbaik yang telah terpilih tersebut untuk bekerja bersama ,  dan memastikan SDM tersebut tetap bekerja dengan keyakinan penuh terhadap hasil serta menjaga kualitas hasil pekerjaannya.

2. MANAJEMEN OPERASIONAL : Manajemen operasional mempunyai fungsi menghasilkan suatu produk sesuai standar. operasi yang telah ditentukan, produk yang dihasilkan dapat memenuhi keinginan konsumen yang beragam dengan tidak meninggalkan pemakaian teknik produksi yang efisien.

3. MANAJEMEN PEMASARAN : Manajemen pemasaran mempunyai fungsi untuk mengupayakan dan mempelajari serta mengidentifikasi apapun yang dibutuhkan konsumen. tidak luput juga untuk menganalisa kekuatan produk pesaing agar pencapaian target dari perusahaaan dapat maksimal.

4.MANAJEMEN KEUANGAN : Manajemen keuangan mempunyai fungsi untuk memastikan jika kegiatan bisnis yang dilakukan benar benar dapat memaksimalkan pencapaian tujuan perusahaan secara ekonomi. Fungsi terpenting dari manajemen keuangan ini sendiri adalah memastikan bahwa perencanaan modal perusahaan benar benar bisa diperoleh untuk membiayai bisnis. serta mengatur bagaimana modal yang telah didapatkan agar dilokasikan dengan tepat sehingga tujuan perusahaan dapat tergapai secara maksimal.

 

Itu dia adalah beberapa ilmu dari manajemen. semoga bisa bermanfaat.

 

     

    Please follow and like us:

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *