7 CARA MUDAH MENGELOLA LAPORAN KEUANGAN USAHA

Cara Mudah Mengelola Laporan Keuangan Usaha – Mengelola Laporan Keuangan sebuah usaha memang butuh ketelitian yang besar. agar tidak timbul kesalahan yang bisa membuat sebuah anggaran pengeluaran dan pendapatan tidak seimbang. dalam hal ini dibutuhkan beberapa cara mudah untuk mengelola laporan keuangan perusahaan atau usaha. contohnya anda bisa mengelola laporan usaha menggunakan aplikasi atau mengelola secara manual. beikut adalah beberapa cara mudah untuk mengelola laporan keuangan.

>>>DOWNLOAD SOFTWARE APLIKASI GRATIS<<<

cara mudah mengelola laporan keuangan

CARA MUDAH MENGELOLA LAPORAN KEUANGAN

BACA JUGA 5 CARA MUDAH MENDAPATKAN UANG DARI INTERNET.

1. MENGGUNAKAN APLIKASI : Yang pertama adalah menggunakan aplikasi atau software. dalam mengelola keuangan penggunaan software aplikasi sangat direkomendasikan. kenapa? agar semuanya telah tertata rapi dan telah dihitung dengan aplikasi. jadi kita bisa menyelesaikan laporan dengan cepat dan bisa mengehemat waktu. aplikasi untuk mengelola keuangan bisa menggunakan aplikasi TheAkun Milik ITBrain Indonesia. Kamu bisa mendownload versi demonya untuk mencoba aplikasi tersebut apakah cocok untuk kamu atau tidak.

2. MENYUSUN NERACA SALDO : Langkah ini adalah menyusun daftar rekening-rekening buku besar dengan saldo debit dan kredit. Neraca saldo ini disusun bila semua jurnal sudah dibukukan ke masing-masing rekeningnya. Penyusunan Neraca Saldo ini dilakukan sebelum adanya jurnal penyesuaian sehingga disebut juga neraca saldo yang belum disesuaikan. Selain itu dapat juga digunakan untuk memeriksa keseimbangan debit dan kredit dari seluruh rekening buku besar.

3. MENYUSUN NERACA LAJUR (DAFTAR KERJA) : Neraca lajur (daftar kerja) merupakan suatu cara untuk memudahkan penyusunan laporan keuangan. Penyusunan neraca lajur dimulai dari neraca saldo dan disesuaikan dengan data yang diperoleh dari mengumpulkan data yang diperlukan untuk membuat jurnal penyelesaian. Saldo yang sudah disesuaikan akan nampak dalam kolom neraca saldo disesuaikan dan merupakan saldo-saldo yang akan dilaporkan dalam neraca dan laporan laba rugi.

4. MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN : Laporan keuangan ini adalah neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan modal dan laporan perubahan posisi keuangan. Laporan-laporan tersebut dapat disusun dapat disusun langsung dari Neraca Lajur, karena dalam neraca lajur sudah dipisahkan jumlah-jumlah yang akan dilaporkan dalam neraca dan laporan laba rugi. Kolom neraca dan laba rugi dalam neraca lajur (daftar kerja) diubah bentuknya sehingga dapat dihasilkan neraca dan laporan laba rugi yang mudah dibaca dan dianalisa.

5. MENYESUAIKAN DAN MENUTUP REKENING : Data yang sudah disesuaikan dari pengumpulan data yang diperlukan untuk membuat jurnal penyelesaian, digunakan sebagai dasar untuk membuat jurnal penyesuaian yang perlu dan kemudian dibukukan ke rekening-rekening dalam buku besar.Setelah rekening-rekening disesuaikan selanjutnya adalah membuat jurnal penutupan buku.Jurnal penutupan buka adalah jurnal untuk menutup semua rekening nominal ke rekening rekening laba rugi dan memindahkan saldo rekening laba rugi ke rekening laba tidak dibagi.

6. MENYUSUN NERACA SALDO SETELAH PENUTUPAN REKENING : Sesudah jurnal penyesuaian dan penutupan buku dibukukan ke masing-masing rekeningnya maka untuk memeriksa keseimbangan debit dan kredit rekening-rekening yang masih terbuka dibuat neraca saldo sesudah penutupan.

7. MENYESUAIKAN KEMBALI REKENING REKENING : Jurnal penyesuaian kembali adalah jurnal untuk menghapus rekening-rekening antisipasi (accrued) dan transitoris (prepaid) yang timbul dari jurnal penyesuaian akhir periode dan mengembalikannya ke rekening nominal. Jurnal penyesuaian kembali dibuat pada hari pertama periode berikutnya dengan maksud untuk memudahkan pembuatan jurnal periode berikutnya. Sehingga jika tidak dibuat jurnal penyesuaian kembali akan diperoleh hasil yang sama dengan jika dibuat jurnal penyesuaian kembali. Perbedaannya hanya pada jurnal yang berkaitan dengan rekening prepaid dan accrued. Tidak semua jurnal penyesuaian akan disesuaikan kembali, namun hanya jurnal-jurnal tertentu saja.

 

Itu dia adalah 7 cara mudah menyusun laporan keuangan. semoga artikel ini dapat membantu anda yang sendang kesulitan dalam menyusun laporan keuangan. silahkan di share agar semua orang tau beberapa cara mudah menyusun laporan keuangan.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *