Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Secara Sehat

Cara mengatur keuangan rumah tangga secara sehat – Tahukah Anda bahwa uang dapat menjadi faktor yang menimbulkan perceraian antar pasangan suami istri. Untuk itu sejak awal masalah uang harus dibicarakan dengan baik agar soal yang sensitif ini tidak sampai menimbulkan keretakan dalam rumah tangga.

>>>DOWNLOAD SOFTWARE APLIKASI GRATIS<<<

Mengatur keuangan saat masih lajang tentu berbeda dengan manajemen cara mengatur keuangan rumah tangga, karena di sini Anda dan pasangan mulai harus mengubah pola pikir tentang keuangan. Berikut adalah beberapa cara mengatur keuangan rumah tangga untuk membantu Anda.

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Yang Ideal

  1. Menabung

Idealnya simpanan untuk dana darurat adalah sebesar 6 bulan pengeluaran rutin bulanan Anda. Setelah menikah adalah saatnya untuk menabung kembali setelah mungkin uang tabungan Anda sudah habis untuk biaya resepsi. Merencanakan pensiun dengan mulai berinvestasi juga sangat direkomendasikan oleh penasehat keuangan.

  1. Rekening bersama

Setelah menikah Anda sebaiknya tak lagi mempunyai rekening terpisah karena uang yang diperoleh oleh suami atau istri menjadi uang milik bersama.

  1. Hutang

Jika Anda mempunyai pinjaman saat Anda masih lajang dulu sebaiknya berterus terang terhadap pasangan dan mendiskusikan bagaimana cara melunasi hutang tersebut.

  1. Melacak pengeluaran

Dalam keuangan rumah tangga, Anda dan pasangan harus bekerja sama untuk mencari tahu kemana selama ini pendapatan Anda berdua habis. Dengan demikian Anda dapat melakukan evaluasi untuk membuat pola pengeluaran yang lebih sehat.

Baca Juga : Ingin Investasi Emas? Kenali Dahulu Jenis-Jenis Emas Berikut Ini

Ada banyak cara untuk menghemat uang jika Anda berpikir secara bijak terhadap penghasilan. Disiplin dalam menjalankan rencana keuangan adalah kunci untuk mengatur gaji yang kecil. Gunakan beberapa cara diatas untuk meraih kondisi finansial yang sehat. Coba hitunglah berapa banyak penghematan dari masing-masing cara dan simpan uang tersebut di bank sebagai dana darurat, atau ke rekening tabungan berkala untuk investasi.

Menyimpan uang untuk kemudian memasukkannya ke tabungan dengan gaji kecil memang terasa sulit dilakukan. Namun dengan beberapa perubahan cara mengatur belanja bulanan dan menyimpan sisanya, maka akan dapat menambah pundi tabungan Anda. Jadi mulailah dari sekarang untuk mengatur keuangan rumah tangga dan menyisihkan sebagian penghasilan untuk tabungan.

Nah, tak sulit bukan mengatur keuangan rumah tangga dengan ideal bersama pasangan?

Download Aplikasi Manajemen Keuangan Gratis, Versi Demo Klik Disini!!

Please follow and like us: